Anak Mewarisi Kecerdasan Ayah atau Ibu? Begini Penjelasannya

Jakarta

Ada banyak faktor yang menentukan kecerdasan anak. Selain Belajar dan pola asuh orang tua, genetik ternyata juga memainkan peranan penting. Lantas, apakah kecerdasan anak diturunkan Didalam gen ayah atau ibu?

Menurut studi yang dipublikasikan Di jurnal Psychology Spot, para peneliti menemukan bahwa kecerdasan anak ternyata diwarisi Didalam gen ibunya.

Studi tersebut melibatkan 12.686 remaja berusia 14 sampai 22 tahun. Mereka ditanyai beberapa hal, seperti ras, Belajar, kehidupan sosial, dan status ekonomi. Pertanyaan serupa juga ditanyakan kepada ibu mereka.


Peneliti menemukan kecerdasan anak ternyata berkaitan Didalam kromosom x. Lantaran wanita Memiliki dua kromosom x, mereka Memiliki Kemungkinan lebih besar mewariskan gen kecerdasan kepada anak dibanding pria yang Memiliki kromosom xy.

Apakah Ayah Tidak Punya Andil?

Ibu Mungkin Saja mempunyai peran yang lebih besar Pada kecerdasan anak. Akan Tetapi, bukan berarti ayah tidak punya andil sama sekali.

Kecerdasan adalah Prototipe yang luas dan secara keseluruhan dipengaruhi Didalam banyak faktor. Sebagian besar kecerdasan memang dipengaruhi faktor genetik, tapi sisanya ditentukan Didalam faktor lain, seperti lingkungan, Komitmen sosial, serta hubungan emosional Didalam orang tua.

Menurut sebuah Eksperimen yang dilakukan University of Leeds, keterlibatan ayah memainkan peran yang sangat signifikan Di membangun kecerdasan anak.

“Keterlibatan ayah berbeda Didalam keterlibatan ibu Lantaran membantu Memperbaiki pencapaian Belajar anak, sedangkan keterlibatan ibu Memperbaiki perilaku kognitif anak,” tulis peneliti Di laporan mereka, dikutip Didalam CNBC Make It.

“Ibu memang masih memegang peran sebagai pengasuh utama, cenderung melakukan sebagian besar pengasuhan anak. Akan Tetapi jika ayah juga secara aktif terlibat Di pengasuhan anak, hal ini secara signifikan Memperbaiki kemungkinan anak-anak Memperoleh nilai yang lebih baik Di sekolah dasar,” ungkap peneliti.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Anak Mewarisi Kecerdasan Ayah atau Ibu? Begini Penjelasannya