6 Manfaat Temu Kunci, Bahan Alami yang Punya Segudang Khasiat Untuk Kesejaganan

Jakarta

Manfaat temu Kunci Pada ini hanya dikenal sebagai bumbu Untuk menyedapkan masakan. Tetapi, tanaman rimpang ini ternyata juga Memperoleh banyak sekali khasiat Untuk Kesejaganan.

Temu Kunci, atau Di bahasa Latinnya Boesenbergia pandurata, adalah tanaman yang banyak dijumpai Di Area tropis, termasuk Indonesia. Rempah ini mengandung beragam senyawa aktif yang bermanfaat Untuk Kesejaganan, seperti flavonoid, alkaloid, dan fenolik.

Senyawa-senyawa tersebut membuat temu Kunci Memperoleh sifat antibakteri, antialergi, antiradang, dan antikanker. Karenanya, temu Kunci dipercaya dapat membantu mengatasi masalah Kesejaganan tertentu.


Lantas, apa saja manfaat temu Kunci Untuk Kesejaganan? Dikutip Bersama berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Mengatasi batuk kering

Studi yang dipublikasikan Di jurnal Procedia Chemistry menyebutkan salah satu manfaat temu Kunci adalah membantu meredakan batuk kering. Khasiat ini berasal Bersama kandungan antioksidan, seperti flavonoid, yang ada Di tanaman tersebut.

Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung Di temu Kunci juga dapat membantu Memperbaiki imunitas tubuh dan mempercepat Penyembuhan.

2. Menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah salah satu senyawa yang berperan penting Di menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul berbahaya yang dapat menimbulkan kerusakan Di sel dan jaringan Di Di tubuh.

Manfaat temu Kunci Di menangkal radikal bebas berasal Bersama kandungan flavonoidnya. Senyawa ini Memperoleh efek antioksidan yang kuat, Supaya dapat mencegah kerusakan yang disebababkan radikal bebas.

3. Mencegah Infeksi bakteri

Sebab bersifat antibakteri, temu Kunci efektif digunakan Untuk mencegah sekaligus mengobati gangguan Kesejaganan yang disebabkan Dari Infeksi bakteri.

Dikutip Bersama Researchgate, ekstrak temu Kunci dapat secara efektif menekan Perkembangan bakteri Aeromonas hydrophila yang biasanya ada Di ikan air tawar.

4. Memelihara Kesejaganan pencernaan

Manfaat temu Kunci juga dipercaya dapat menjaga Kesejaganan fungsi pencernaan. Sebab, temu Kunci mengandung polifenol yang berperan Di Merangsang Perkembangan bakteri baik sekaligus menghambat Perkembangan bakteri jahat Di usus.

Kandungan Energi atsiri Di temu Kunci juga diyakini dapat menghambat Perkembangan bakteri Escherichia coli, yakni salah satu bakteri pemicu diare.

5. Memperbaiki gairah seksual

Studi yang diterbitkan Di National Institutes of Health (NIH) mengungkapkan temu Kunci Memperoleh efek afrodisiak Bersama Memperbaiki kuantitas dan Standar sperma. Antioksidan Di tanaman ini juga diyakini dapat melindungi jaringan testis Bersama kerusakan.

6. Mencegah risiko kanker tertentu

Senyawa antioksidan Di temu Kunci juga membuat tanaman ini Memperoleh sifat antikanker. Sebuah studi Menunjukkan temu Kunci Berpeluang mencegah atau Mengurangi risiko kanker payudara.

Studi tersebut menemukan temu Kunci Memperoleh kandungan senyawa panduratin A yang dapat menghambat Perkembangan sel kanker. Kendati demikian, manfaat ini masih perlu diuji Lebih Jelas.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Manfaat Temu Kunci, Bahan Alami yang Punya Segudang Khasiat Untuk Kesejaganan