10 miliar kata sandi dilaporkan bocor, terbesar Hingga dunia. Foto: ist
Para ahli Kaspersky Mengeluarkan panduan praktis Sebagai membantu User melindungi diri mereka sendiri apabila terjadi penyusupan data:
1. Periksa dampak Pelanggar
Ketika Pelanggar data terjadi, hal pertama yang disarankan adalah memeriksa apakah data kita sebagai User ikut terdampak. Solusi Keselamatan modern memungkinkan pendeteksian data bocor dan Menyediakan peringatan Sebagai Meningkatkan langkah-langkah Keselamatan jika diperlukan.
2. Ubah kata sandi Anda sesegera Bisa Jadi
Jika terjadi Pelanggar data, penting Sebagai segera mengubah kata sandi dan Mengkaji semua situs lain yang menggunakan kata sandi serupa. Kata sandi Terbaru harus unik Sebagai setiap akun, panjangnya minimal 8 karakter, menggabungkan huruf Di angka dan simbol.
3. Blokir dan terbitkan kembali kartu debit/kredit jika perlu
Jika data pembayaran disimpan Dari layanan yang Merasakan Pelanggar data, cara terbaik adalah memblokir dan menerbitkan ulang kartu Sebagai Keselamatan tambahan. Biasanya menerbitkan kembali kartu debit/kredit tidak memakan banyak waktu dan tenaga, Agar mencegah ketidaknyamanan yang lebih besar.
4. Instal pengelola kata sandi andal
Alat seperti ini membuat kata sandi yang kuat dan menyimpannya Di aman Hingga brankas terenkripsi. Samping Itu, ini diaktifkan Sebagai Meninjau kebocoran data dan memeriksa apakah kata sandi User telah disusupi.
5. Jangan lupakan autentikasi dua faktor
Survei terbaru Kaspersky mengungkapkan betapa mudahnya akun disusupi tanpa kata sandi yang kuat dan perlindungan berapis seperti 2FA. Sebagai melindungi akun Di akses tidak sah, sangat disarankan Sebagai menyiapkan 2FA. Hal ini dapat dilakukan Di Merasakan konfirmasi Lewat SMS, email, atau menggunakan Inisiatif autentikasi atau pengelola kata sandi yang menghasilkan kode satu kali.
6. Tutup akun yang tidak digunakan Di aman
Jika terdapat layanan yang lama tidak digunakan, sesaat Setelahnya kebocoran data, disarankan Sebagai menghapus akun dan meminta penghapusan data secara lengkap Lewat Pemberian teknis atau alamat Hingga Aturan Kerahasiaan. Langkah ini, yang sering kali diuraikan Hingga Dibagian “Hak Anda”/”Your Rights” Di layanan yang sah.
7. Hanya membagikan informasi pribadi penting online secara minimum
Lantaran kebocoran layanan besar-besaran sering terjadi, disarankan Sebagai meminimalkan informasi yang diberikan Hingga suatu layanan. Di Anda mendaftar, tidak perlu menggunakan alamat email utama: substitusi otomatis dapat digunakan. Samping Itu, jika tidak diperlukan, hilangkan nama asli dan alamattempattinggal.
(dan)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: 10 Miliar Kata Sandi Bocor, Ini 7 Cara Sebagai Mencegah Data Tetap Aman