Apa itu Iptu? Pangkat yang Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

Iptu Rudiana, ayah Muhammad Rizky atau Eki, korban Membunuh Orang Lain bersama kekasihnya Vina Dewi Arsita Di Cirebon. FOTO/TANGKAPAN LAYAR IG

JAKARTA – Banyak orang penasaran Bersama Iptu , pangkat yang disandang Bersama Rudiana, ayah Muhammad Rizky alias Eki yang meninggal Di 2016 silam. Eki diketahui merupakan korban Membunuh Orang Lain bersama Bersama kekasihnya Vina Dewi Arsita .

Peristiwa Pidana Vina Cirebon kembali mencuat Setelahnya Sinema berjudul Vina: Sebelumnya 7 Hari yang didasarkan kisah nyata Peristiwa Pidana Membunuh Orang Lain tersebut diputar Di bioskop. Munculnya kembali Peristiwa Pidana ini juga melambungkan nama Iptu Rudiana, Kapolsek Kapetakan, Polres Cirebon Kota. Beberapa waktu lalu muncul video viral yang memperlihatkan kesedihan Iptu Rudiana, Sebab sampai Di ini para pelaku Membunuh Orang Lain anaknya masih berkeliaran. Tetapi Rudiana juga Berkata polisi tinggal diam, terus Berusaha menuntaskan Peristiwa Pidana tersebut.

Bersama situlah mulai banyak orang yang penasaran tentang Iptu Rudiana. Rasa penasaran kebanyakan muncul Sebab berkaitan Bersama pangkat yang disandangnya, yakni Iptu. Seberapa tinggi pangkat tersebut Di satuan kepolisian? Sebagai lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Arti Pangkat Iptu

Pangkat Iptu atau Inspektur Polisi Satu termasuk Di jajaran pangkat Perwira Polri. Di Kepolisian, pangkat Perwira dibagi Hingga Di tiga urutan yakni, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi. Iptu berada Di golongan Perwira Pertama, Supaya pangkatnya paling rendah Di Di urutan perwira.

Meski begitu Iptu bukanlah pangkat terendah. Sebab Di Di urutan pangkat Perwira Pertama, masih dibagi menjadi tiga pangkat, yakni Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan tertinggi adalah Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Berikut ini daftar kepangkatan Perwira Di Polri:

1. Perwira Tinggi (Pati)

– Jenderal Polisi
– Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)
– Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
– Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

2. Perwira Menengah (Pamen)

– Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)
– Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
– Komisaris Polisi (Kompol)

3. Perwira Pertama (Pama)

– Ajun Komisaris Polisi (AKP)
– Inspektur Polisi Satu (Iptu)
– Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Bersama daftar kepangkatan tersebut dapat dilihat jika Iptu berada Di urutan kedua Bersama bawah. Meski begitu Iptu sudah termasuk pangkat tertinggi Di Kepolisian, Sebab Di bawah Perwira masih ada Bintara dan Tamtama.

Tanda kepangkatan Perwira Polisi berpangkat Iptu Berencana ditandai Bersama dua garis atau balok kuning. Umumnya pangkat Iptu bisa menjabat sebagai Wakapolsek, Kapolsek, Kanit Di Polsek, dan Kasi Di Polres.

(abd)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Apa itu Iptu? Pangkat yang Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon