3 Fakta Memikat Pedang Samurai Jepang Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

Pahlawan Revolusi Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani ternyata Memperoleh pedang Samurai Jepang atau Katana yang diberikan seorang Kepala Jepang. Foto: Alcethron.com

JAKARTA – Pahlawan Revolusi Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani ternyata Memperoleh pedang Samurai Jepang atau Katana yang diberikan seorang Kepala Jepang. Katana diberikan Di sang Kepala menjadi pengawas pelatihan Ahmad Yani ketika bergabung Di Pembela Tanah Air (PETA).

Ahmad Yani yang lahir Ke Purworejo, Jawa Ditengah Ke 19 Juni 1922 terkenal sosok yang tegas dan cerdas Ke militer. Pembelajaran formalnya diawali ketika bersekolah Ke Hollandsch-Inlandsche School (HIS) atau sekolah setingkat SD Ke Bogor.

Setelahnya itu, Ahmad Yani melanjutkan Pembelajaran Di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) atau setingkat SMP lalu masuk Algemene Middelbare School (AMS) setingkat SMA Ke 1938.

Barulah Setelahnya itu dia mulai mengikuti Pembelajaran militer Ke Dinas Topografi Militer. Mantan Panglima Angkatan Darat itu menempuh Pembelajaran militer Ke Malang, Jawa Timur Pada enam bulan dan pertengahan tahun 1941 Sersan Cadangan Pada Topografi Ahmad Yani ditugaskan Ke Bandung.

Ketika Ahmad Yani menjalani Pembelajaran dan pelatihan militer inilah terdapat sebuah kisah dia Merasakan pedang Samurai Jepang legendaris.

3 Fakta Memikat Pedang Samurai Jepang Legendaris Milik Jenderal Ahmad Yani

1. Didapat Untuk Kepala Yanagawa Moichiro

Katana legendaris didapat Ahmad Yani ketika mengikuti Pembelajaran militer Heiho Ke Magelang, Jawa Ditengah lalu bergabung Di tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Pada masa Pembelajaran keras empat bulan itulah, kemampuan Ahmad Yani memperoleh pengakuan. Kepala Yanagawa Moichiro sebagai pengawas pelatihan Memberi Ahmad Yani sebuah Katana sebagai pengakuan atas kompetensinya.

Sebelumnya menjalani pelatihan yang keras itu, Ahmad Yani dikirim Di Bogor, Jawa Barat Untuk mengikuti Pembelajaran militer secara lebih intensif. Bisa Jadi Sebab inilah Ahmad Yani Memperoleh kemampuan Ke atas rata-rata.

2. Pandai Bermain Sendai

Menurut penuturan anak Jenderal Ahmad Yani, Amelia A Yani, Sarwo Edhie Wibowo mengungkapkan jika Jenderal Ahmad Yani memang seorang prajurit, ahli strategi Konflik Bersenjata Dari masuk PETA Ke Bogor.

“Dia juga pandai main Sendai, Latihan Jepang Di pedang Samurai. Sebab pandainya itu, dia bisa lulus Di baik dan diberi pedang (gunto) yang paling panjang,” ujar Sarwo Edhie berdasarkan penuturan Amelia A Yani.

3. Pedang Gunto Diperoleh Ahmad Yani

Gunto merupakan nama yang digunakan Untuk Pedang Samurai Jepang. Pedang ini kerap digunakan Dari tentara dan Angkatan Laut Jepang Setelahnya berakhirnya Samurai Ke tahun 1868.

Di diproduksinya secara massal, Gunto menjadi perlengkapan standar Untuk militer Terbaru, Membahas tempat pedang yang dikenakan Dari kelas Samurai Pada masa feodal. Tak heran jika Ke masa penjajahan Jepang pedang ini menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki setiap militer Jepang.

(jon)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: 3 Fakta Memikat Pedang Samurai Jepang Milik Jenderal TNI Ahmad Yani