Mengenal IDTH, Pusat Perkembangan Alat Digital Nasional

Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail Di kantor Kominfo. (Foto: Wiwie Heryani)

JAKARTA – Indonesia kini Memperoleh pusat pengujian Alat yang berstandar internasional, yaitu Indonesia Digital Test House (IDTH) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sebagai laboratorium uji Alat Komunikasi, IDTH berfungsi Sebagai mensertifikasi seluruh alat Alat Komunikasi. Mulai Di Alat yang Akansegera diperjualbelikan, digunakan, dirakit dan sebagainya Di Indonesia, yang tentunya harus memenuhi persyaratan teknis.

“IDTH Mutakhir diresmikan Bersama pak Kepala Negara, seminggu lalu. Bersama Sebab Itu IDTH ini adalah singkatan Di Indonesia Digital Test House. Kalau bahasa Indonesianya yang resmi adalah balai besar kemudi Alat Komunikasi,” ujar Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika , Ismail Di kantor Kominfo, Jakarta, Jumat, (17/5/2024).

“IDTH ini kita bangun bukan Mutakhir. Tapi ini merupakan sebuah evolusi yang panjang Sebelum zaman dulu kita sudah melakukan yang namanya proses type approval atau persyaratan teknis itu atau sertifikat itu Mutakhir bisa keluar kalau sudah dilakukan pengujian. Nah, laboratorium pengujiannya itulah yang kemarin kita kembangkan,” sambungnya.

Ismail menyebut, meski telah menjadi pusat pengujian Alat Komunikasi Di Indonesia, beberapa jenis alat Alat tetap harus melakukan pengujian Di laboratorium luar negeri. Sebab, Ke dasarnya, alat Alat Komunikasi memang harus Memperoleh standar internasional.

“Dan pengujian ini tidak satu-satunya dilakukan Di laboratorium kita ini, tapi ada juga beberapa jenis alat Alat yang kita terima hasilnya Di laboratorium luar negeri,” katanya. “Tetapi Sesudah Itu pengujian yang bersifat menyeluruh dan seluruh fitur bisa dilakukan pengujian itu Mutakhir Di laboratorium yang kita bangun kemarin,” tuturnya.

Meski begitu, Ismail memastikan, IDTH menjadi laboratorium pusat yang Memperoleh fitur-fitur paling lengkap Di Di laboratorium lain yang ada Di Indonesia. Bersama Sebab Itu, IDTH secara tidak langsung bisa disebut sebagai laboratorium rujukan jika laboratorium lain yang ada Di Indonesia Merasakan kesulitan Di melakukan pengujian Alat Komunikasi.

“Artinya, Bisa Jadi ada laboratorium yang hanya sebagian-sebagian saja Di fiturnya yang dilakukan pengujian. Tapi kalah kemarin kita IDTH ini adalah laboratorium yang sifatnya rujukan. Kalau Puskesmas tuh, kaya Puskesmas tipe A ya, artinya kalau ada kesulitan Di Puskesmas yang kecil atau Di Area, dirujuk Di Puskesmas yang terbesar. Semacam seperti itu. Seluruh fiturnya paling lengkap,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Negara Joko Widodo Mendorong IDTH menjadi pusat Perkembangan agar dapat menjadikan produk Alat digital Di negeri mampu bersaing secara Dunia. “Bersama menggandeng perguruan tinggi, Mula serta Pelaku Ekonomi Kecil, melakukan Studi dan paten, mendukung Pembaruan pengujian dan sertifikasi produk-produk lokal agar produk Alat digital Di negeri mampu bersaing,” ujar Jokowi, beberapa waktu lalu.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Mengenal IDTH, Pusat Perkembangan Alat Digital Nasional