Izin Operasi Masih Belum Jelas, Starlink Langsung Dapat Proyek Kakap Di Kemenkes

Starlink siap memperluas layanan internetnya hingga pelosok Indonesia. FOTO/ CNET

BALI – Masuknya satelit Starlink milik Elon Musk Di Indonesia direncanakan Berencana menggarap jaringan Jaringan hingga pelosok Indonesia.

Justru Starlink telah mengajukan izin Untuk menjadi penyelenggara jaringan satelit VSAT dan Jaringan service provider (ISP) Di Indonesia Melewati Online Single Submission (OSS).

Starlink Berencana diberikan izin pengoperasian (ULO) jika memenuhi persyaratan Di OSS dan Dikatakan layak Untuk beroperasi Di Indonesia.

Setelahnya kelengkapan persyaratan OSS terpenuhi, Kemenkominfo Berencana menilai perusahaan tersebut Untuk Merasakan izin penyelenggaraan Telecom.

Izin Starlink Berencana tergantung Di pemenuhan persyaratan OSS dan Berencana diterbitkan secara online jika memenuhi syarat.

Jika Starlink Merasakan izin penyelenggaraan Telecom, perusahaan ini harus mematuhi peraturan yang sama Bersama penyelenggara Telecom lainnya Di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak Berencana membatasi Daerah layanan Starlink, dan penentuan Daerah layanan Berencana diserahkan Di kerjasama Bersama operator.

Akan Tetapi Sebelumnya izin didapatkan Starlink mulai membidik 3.400 puskesmas Di Indonesia. Pembantu Presiden Tim Menteri Keadaan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap pemasangan Jaringan ini dapat Meningkatkan pelayanan Keadaan Kelompok.

Budi menyebutkan, Indonesia Memiliki 10 ribu puskesmas yang tersebar Di 7 ribu pulau. Di 10 ribu puskesmas itu, ada 2.700 puskesmas yang kesulitan mengakses layanan Jaringan dan 700 puskesmas yang sama sekali tak bisa mengakses Jaringan.

“Kita punya 10 ribu puskesmas, 2.700 Di 10 ribu itu koneksinya buruk, 700 Di 10 ribu tidak ada Hubungan sama sekali. Bersama adanya Starlink, 2.500-2.600 puskesmas yang koneksinya buruk dan 700-an yang tidak ada koneksinya itu bisa terkoneksi,” katanya Di Berkunjung Hingga lokasi peresmian Starlink Di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2025).

Sebelumnya Itu, Pembantu Presiden Tim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan Ide Starlink Untuk masuk Hingga Pusat Kota Bangsa (IKN) Nusantara. Luhut Berkata bahwa Starlink Di menunggu penerbitan izin layak operasi Di Kemenkominfo Untuk masuk Hingga Indonesia.

(wbs)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Izin Operasi Masih Belum Jelas, Starlink Langsung Dapat Proyek Kakap Di Kemenkes