Pentingnya Komitmen Perusahaan Untuk Pembuatan Komunitas Di

Seluruh perusahaan Ke sektor pertambangan batubara diminta menjalankan Langkah Corporate Social Responsibility (CSR) serta Pembuatan dan Pemberdayaan Komunitas (PPM). FOTO/IST

JAKARTA – Seluruh perusahaan Ke sektor pertambangan batubara diminta menjalankan Langkah Corporate Social Responsibility (CSR) serta Pembuatan dan Pemberdayaan Komunitas (PPM). Kewajiban itu diatur Melewati Keputusan Pembantu Presiden Pembantu Presiden (Kepmen) ESDM Nomor 1824 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembuatan dan Pemberdayaan Komunitas.

Salah satu perusahaan tambang batubara yang mengelola area tambang Ke Rantau Pulung, Kalimantan Timur (Kaltim), PT Arkara Prathama Energi, telah menunaikan Kepmen tersebut Bersama menyalurkan kegiatan Ke bidang Pembelajaran, Kesejaganan, ekonomi, dll.

“Bentuk tanggungjawab sosial yang dilakukan Arkara Energi Ke berbagai bidang. Mulai Bersama bidang Pembelajaran, Kesejaganan, kemandirian ekonomi, sosial Kearifan Lokal Global, lingkungan, organisasi kelembagaan komunitas Komunitas, hingga pembangunan infrastruktur desa Di tambang,” ujar Direktur Arkara Energi, Ivan Victor Salim, dikutip, Minggu (19/5/2024).

Ivan menuturkan, Arkara Energi telah menyalurkan CSR Ke bidang Pembelajaran, yaitu beasiswa anak berprestasi dan kurang mampu. Ke bidang Kesejaganan, Arkara Energi juga telah melaksanakan sederet Langkah Kesejaganan Komunitas Ke Di are tambang, peningkatan Kesejaganan tenaga Kesejaganan (nakes) desa, termasuk peningkatan sarana-prasarana (sarpras) Kesejaganan desa.

Sambil Ke sektor kemandirian ekonomi, Ivan menyebut, pihaknya telah berkontribusi Di Memperbaiki kapasitas dan akses Komunitas Ke area tambang Di UKM, Pembuatan UKM, dan membuka kans warga setempat Sebagai ikut serta Di Pembuatan UKM. Lalu Ke bidang sosial Kearifan Lokal Global, Arkara Energi menyalurkan Pemberian Pembuatan sarpras ibadah dan hubungan bidang keagamaan, Pemberian bencana alam, Pemberian kegiatan Karyaseni Kearifan Lokal Global, hingga Pemberian kegiatan peringatan hari besar keagamaan.

Ke sektor lingkungan, Arkara Energi membuka Potensi warga Di area tambang berpartisipasi Di pengelolaan lingkungan. Malahan, pihak manajemen Arkara Energi juga ikut membangun jembatan dan perbaikan jalan Ke Di area operasional tambang.

“Sebagai perusahaan yang bergerak Ke sektor pertambangan batubara, Arkara Energi terus mengedepankan komitmennya Sebagai tersu Memberi kontribusi kepada Komunitas Di tambang Melewati sejumlah Langkah tanggungjawab sosial,” jelas Ivan.

Ivan Victor Salim mengungkapkan, produksi batubara Ke Arkara Energi mencapai 1,4 juta ton sepanjang tahun 2023. Ivan menegaskan, Ke tahun ini target yang dibidik sama seperti realisasi tahun lalu.

“Pada ini Arkara Energi menargetkan mampu memproduksi batubara 1,4 juta ton per tahun Ke 2024. Angka ini juga telah dicapai Bersama perusahaan Ke tahun Sebelumnya Itu,” ujarnya.

Sebagai informasi, Arkara Energi selain fokus Ke bidang pertambangan batubara dan mineral, juga mengedepankan Social and Environment Awereness.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pentingnya Komitmen Perusahaan Untuk Pembuatan Komunitas Di