Elon Musk Bangun Superkomputer Rival ChatGPT Rp46,5 Triliun Di 4 Bulan, Gunakan 100.000 GPU Nvidia

Memanfaatkan GPU H100 Nvidia, Mula Musk dapat merakit superkomputer Untuk pelatihan AI hanya Di empat bulan. Foto: Getty Images

JAKARTA – Di upaya Menyusun platform AI tercanggih Untuk menyaingi ChatGPT OpenAI dan Google Gemini, Elon Musk mengklaim Terbaru saja merakit superkomputer yang menjalankan 100.000 GPU Nvidia hanya Di waktu empat bulan.

Kemarin, Musk mencuit bahwa superkomputer tersebut, yang berbasis Di Memphis, Tennessee, sekarang sudah online. Tak lama Setelahnya kota tersebut Mengeluarkan proyek itu Di Di Juni 2024 lalu.

“Bersama awal hingga akhir, itu dilakukan Di 122 hari,” tweet Musk, yang juga mengklaim bahwa “Colossus adalah sistem pelatihan AI paling kuat Di dunia.”

Superkomputer tersebut dibangun menggunakan 100.000 Nvidia H100, sebuah GPU yang Bersama Sebab Itu rebutan perusahaan Ilmu Pengetahuan Di seluruh dunia Untuk melatih model AI Terbaru.

GPU ini biasanya berharga Disekitar USD30.000 per unit. Artinya, Musk menghabiskan setidaknya USD3 miliar Untuk membangun superkomputer Terbaru ini.

Tentu saja, membangunnya juga tidak sembarangan. Sebab, butuh sebuah fasilitas Bersama listrik dan pendinginan yang signifikan.

Superkomputer Colossus juga Akansegera berkembang seiring waktu. Di cuitannya, Musk mengatakan bahwa fasilitas tersebut Akansegera “menggandakan ukurannya menjadi 200k” GPU Di beberapa bulan. Tepatnya, Setelahnya nanti ada 50.000 GPU Nvidia H200 Bersama memori yang ditingkatkan, ditambahkan.

Musk membangun fasilitas ini Untuk xAI, Mula terbarunya, yang Memusatkan Perhatian Di pembuatan Ilmu Pengetahuan AI generatif, termasuk chatbot pro-kebebasan berbicara yang kontroversial, Grok.

Bersama merakit ratusan ribu GPU bersama-sama, xAI bertujuan Untuk mempercepat pelatihan Untuk Grok dan proyek AI lainnya Untuk membuka kemampuan dan peningkatan Terbaru.

Superkomputer milik Musk ini Akansegera bersanding Bersama sistem pelatihan AI paling kuat Di dunia milik Meta, Microsoft, dan OpenAI. Ketiga perusahaan juga membeli ratusan ribu GPU Nvidia Untuk proyek pelatihan AI mereka sendiri.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Elon Musk Bangun Superkomputer Rival ChatGPT Rp46,5 Triliun Di 4 Bulan, Gunakan 100.000 GPU Nvidia