Kemenag Ajak Kelompok Ikuti Gerakan Hari Sejuta Kiblat Di 27 Mei 2024

Kemenag mengajak Kelompok Sebagai berpartisipasi Untuk gerakan Hari Sejuta Kiblat Di Senin, 27 Mei 2024. Foto/Kemenag

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mengajak Kelompok Sebagai berpartisipasi Untuk gerakan Hari Sejuta Kiblat Di Senin, 27 Mei 2024. Kegiatan ini memanfaatkan momen “Rashdul Qiblah” atau “Istiwa’ A‘zham,” ketika posisi matahari tepat Hingga atas Ka’bah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Adib menjelaskan, Hari Sejuta Kiblat bertujuan Sebagai memberi pemahaman kepada Kelompok bahwa siapa saja dapat mengukur arah kiblat, tanpa memerlukan keahlian atau peralatan khusus.

“Hingga Di istiwa’ a‘zham, siapa saja, tanpa perlu Memperoleh keahlian atau Alat Keahlian khusus, bisa ‘meluruskan’ arah kiblatnya sendiri,” ujar Adib Hingga Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Adib melanjutkan, Di waktu yang telah diperhitungkan Lewat metode ilmu falak, bayangan semua benda yang berdiri tegak lurus Akansegera sejajar Bersama arah kiblat.

Peristiwa astronomi ini terjadi dua kali Untuk setahun, umumnya Di 27-28 Mei dan 15-16 Juli, ketika deklinasi matahari sama Bersama lintang geografis Ka’bah.

Menurut Adib, Hari Sejuta Kiblat ini bukan Sebagai mengubah arah kiblat, terutama Untuk masjid yang sudah diukur Sebelumnya. Tetapi, Kegiatan ini bertujuan Sebagai menginformasikan kepada Kelompok bahwa mereka dapat mengukur arah kiblat Bersama mudah Di tanggal tersebut.

“Momen istiwa’ a‘zham ini bersifat konfirmatif Supaya jika sudah benar, momen ini Akansegera menegaskan kebenaran arah kiblat. Jika belum benar atau ada keraguan, ini menjadi kesempatan terbaik Sebagai memverifikasi arah kiblat,” jelas Adib.

Hari Sejuta Kiblat yang diinisiasi Kemenag melibatkan seluruh aspek Kelompok Hingga Indonesia Sebagai mengukur arah kiblat secara serentak Hingga tempat masing-masing Di 27 Mei 2024. Kegiatan ini juga menawarkan doorprize Bersama total nilai Rp20 juta.

Sebagai berpartisipasi Untuk gerakan Hari Sejuta Kiblat, Kelompok dapat mengikuti syarat dan Syarat berikut:

1. Mendaftar Lewat link: s.id/harisejutakiblat
2. Follow Instagram @bimasislam dan @harisejutakiblat
3. Upload foto Di melakukan pengukuran arah kiblat
4. Tag dan mention akun @harisejutakiblat

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Kemenag Ajak Kelompok Ikuti Gerakan Hari Sejuta Kiblat Di 27 Mei 2024