Kemenag Sebut Angka Perceraian Turun 10,2% Hingga 2023

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut angka perceraian Ke 2023 Merasakan penurunan cukup signifikan. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyebut angka perceraian Ke 2023 Merasakan penurunan cukup signifikan. Hal ini tidak lepas Untuk peran fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Ke 28 Februari 2024, angka perceraian Hingga 2023 Merasakan penurunan hingga 10,2% yakni 463.654 Perkara Hukum Hukum perceraian dibandingkan 2022 yang mencapai 516.344 Perkara Hukum Hukum.

Direktur Jenderal Bimbingan Kelompok Islam (Dirjen Bimas Islam), Kamaruddin Amin mengatakan penurunan angka cerai tersebut tidak lepas Untuk peran Fasilitator Bimbingan Perkawinan.

“Kita berhasil menurunkan angka perceraian yang sangat signifikan. Capaian ini harus kita apresiasi dan syukuri. Kita harus bangga Bersama capaian itu dan terus Memperbaiki Mutu Bimwin dan fasilitator,” ujar Kamaruddin Untuk kegiatan Bimtek Fasilitator Bimwin Angkatan II Hingga Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Kamaruddin juga mengungkapkan fasilitator harus mampu memberi contoh keluarga harmonis dan sakinah kepada Kelompok. “Betapa banyak dampak perceraian, maka kita harus memberi contoh keluarga sakinah kepada Kelompok,” tuturnya.

Dia melanjutkan salah satu tugas penting fasilitator adalah memberi pemahaman kepada Kelompok bahwa pernikahan merupakan sesuatu yang sakral. “Setiap orang yang ingin menikah mempunyai komitmen bersama Sebagai membangun keluarga yang kokoh,” jelasnya.

KUA, menurutnya, berperan sangat penting Untuk memitigasi dan meminimalkan angka perceraian. Maka Itu, Langkah Bimwin perlu ditingkatkan, mulai Untuk Pelatihan, bimbingan, dan penyuluhan tentang sakralitas pernikahan kepada Kelompok Lewat berbagai forum dan Langkah.

“Entitas dan peran kita (Kemenag) sangat penting Untuk mengatasi persoalan tersebut. Agar, kita harus siap dan tegas menerapkan Keputusan Kandidat pengantin wajib mengikuti Bimwin,” tegas Kamaruddin.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Kemenag Sebut Angka Perceraian Turun 10,2% Hingga 2023