Pemimpin Negara Jokowi Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 Perdana Ke Istora Senayan

Pemimpin Negara Jokowi dan Ibu Negeri Iriana bersama Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Ke Hari Kebaya Nasional 2024 Ke Istora Senayan, Jakarta. Foto/istimewa

JAKARTA – Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negeri Iriana Jokowi Hadir Di peringatan Hari Kebaya Nasional yang jatuh Ke Rabu, 24 Juli 2024 Ke Istora Senayan, Jakarta. Di perayaan itu, Iriana Jokowi memperoleh Penganugerahan Ibu Bangsa Di Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Hari Kebaya Nasional 2024 resmi ditetapkan Lewat Keputusan Pemimpin Negara (Keppres) No. 19 Tahun 2023. Penetapan tersebut dikarenakan kebaya merupakan salah satu aset Kebiasaan Global dan Memperoleh nilai sejarah. Pada Kongres Kowani X Ke 1950 yang dihadiri Didalam Pemimpin Negara Hingga-1 RI Soekarno, semua peserta yang hadir menggunakan kain kebaya.

“Apa yang disampaikan Pemimpin Negara Soekarno Ke Pada itu adalah peran perempuan sangat penting Di revolusi dan pembangunan bangsa dan Negeri. Tanpa perempuan, Indonesia belum merdeka,” jelas Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, Ke pembukaan puncak Kegiatan.

Kowani sebagai penyelenggara Kegiatan puncak peringatan Hari Kebaya Nasional 2024, ingin agar kebaya menjadi simbol pemberdayaan dan perjuangan perempuan. Lewat kebaya, tidak hanya Kebiasaan Global yang dilestarikan Tetapi juga keberlangsungan dampak Untuk industri dan usaha yang beririsan Didalam perempuan.

“Ini merupakan jalan panjang dan pekerjaan Rumah kita bersama Di pelestarian identitas Kebiasaan Global bangsa. Kita juga membawa kebaya sebagai warisan Kebiasaan Global Hingga UNESCO Lewat joint nomination bersama beberapa Negeri anggota Organisasiregional lainnya seperti Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Malaysia,” jelas Giwo.

Sebanyak 9.250 perempuan berkebaya diungkapkan Giwo ikut memeriahkan Kegiatan ini. Beberapa Ke antaranya merupakan organisasi yang ikut aktif menyuarakan soal kebaya seperti OASE Tim Pembantu Presiden Tim Menteri Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin Iriana Jokowi, Cahaya Ladara Nusantara (CLN) yang dipimpin Nanny Hadi Tjahjanto, hingga komunitas seperti Kebaya, Minuman Kafein, dan Literatur (KKB). Turut hadir pula peserta Di Negeri-Negeri Asia Tenggara.

Ke peringatan Hari Kebaya Nasional perdana ini mengangkat tema “Lestarikan Kebiasaan Global Didalam Bangga Berkebaya”. Harapannya, kebaya menjadi warisan Kebiasaan Global yang menyimbolkan perjuangan, kesetaraan, dan pemberdayaan perempuan. “Didalam menggunakan kebaya, kita juga Didalam Sebab Itu agen perubahan Di ekonomi,” ucapnya.

Mengenai keterkaitan Di kebaya dan ekonomi, desainer kebaya ternama Anne Avantie, menjelaskan ada berbagai sosok yang terlibat Ke balik kehadiran sebuah kebaya. Sosok-sosok itulah yang turut menjadi penggerak ekonomi dan memberdayakan perempuan.

“Ada tukang bordir, ada tukang jahit, ada pembuat Perhiasan, ada pembatik, ada penenun. Kebaya bukan hanya masalah sebuah baju, ada perjuangan kita Untuk sebuah perjalanan kehidupan,” ucap Anne.

Sebelumnya Itu, menjelang puncak Hari Kebaya Nasional 2024 telah digelar kegiatan berupa KOWANI Expo yang dihadiri Pembantu Presiden Tim Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Pameran tersebut dihadiri Disekitar 181 Dan Menengah wastra, kerajinan, maupun Masakan dan turut didukung Didalam Cahaya Ladara Nusantara.

Di Itu, penyelenggaraan Hari Kebaya Nasional 2024 Didalam Kowani ini turut memperoleh Pengakuan Di Museum Pencapaian-Dunia Indonesia (MURI). Selain Kegiatan utama yang dilaksanakan Di dua hari Ke 23-24 Juli 2024, beberapa side event telah berlangsung Sebelumnya Itu. Seperti Kegiatan berkebaya Ke Pada Car Free Day (CFD) Ke 14 Juli 2024 dan diramaikan Didalam Disekitar 3.000 peserta.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pemimpin Negara Jokowi Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 Perdana Ke Istora Senayan