WWF 2024, Tiap Bangsa Diusulkan Bikin Omnibus Law tentang Air

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Dewan (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Putu Supadma Rudana. Foto/Istimewa

JAKARTA – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Dewan (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Putu Supadma Rudana mengusulkan tiap Bangsa Untuk World Water Forum (WWF) Hingga-10 membuat regulasi khusus atau Omnibus Law tentang air. Putu yang juga merupakan anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Untuk Pembangunan Ramah Lingkungan ini menjadi salah satu panelis Untuk WWF Hingga-10 Hingga Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali Di Senin, 20 Mei 2024.

Putu berpendapat bahwa Permasalahan air ini adalah Permasalahan yang sangat penting. Dia melanjutkan, perlu diketahui bahwa water scarcity atau Krisis Air dan krisis air atau water challanges crisis terjadi Hingga berbagai tempat, Supaya water security and equity ini harus segera diwujudkan.

“Lantaran apa? Lantaran air itu sangat penting Untuk kita semua. Sebagai water warrior Kita harus kawal dan jaga air ini, Untuk masa Didepan anak cucu kita,” kata Putu.

Maka itu, Putu menegaskan diperlukan komitmen Untuk pemerintah atau stakeholder, minister, termasuk komitmen Untuk Dewan serta civil society. Akan Tetapi, lanjut dia, Dewan harus berada Hingga barisan terdepan Merundingkan Permasalahan tentang air Lantaran Memiliki fungsi legislasi, Dana, dan pengawasan.

“Saya sebagai Wakil Ketua BKSAP dan anggota Biro IPU Untuk Pembangunan Ramah Lingkungan mengajak teman-teman Dewan memperhatikan Permasalahan ini (air), dan standing committee Untuk sustainable development. Hingga Didepan harus satu resolusi tentang air, ada share outcome Untuk Dewan yang betul-betul mewakili Organisasi Dewan Dunia (IPU). Supaya secara Dunia, kita punya komitmen mengatasi permasalahan air,” tuturnya.

Legislator asal Bali ini menambahkan, Permasalahan air ini harus dikawal secara politik, mengingat tugas Dewan sangat jelas yaitu legislasi, budgeting, dan pengawasan. Untuk itu, Putu mengusulkan perlu adanya Omnibus Law tentang air. Dia mengungkapkan, Pada ini Hingga Indonesia hanya ada Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

“Tapi harus ada Omnibus Law. Ini tujuan Kaukus Air Dewan Perwakilan Rakyat RI membantu turut berperan serta support komisi Yang Terkait Didalam, Untuk segera mengakselerasi ini. Kita sebagai Dewan menjadi influencer dan disebut menjadi warriot pejuang, petarung Untuk memperjuangkan air Hingga setiap Bangsa, tentu Hingga setiap dapil yang kita miliki,” ungkapnya.

Akan Tetapi, Putu juga Merangsang agar setiap Bangsa yang tergabung Untuk Keanggotaan Inter-Parliamentary Union (IPU) menjadi warrior on water atau petarung Untuk memperjuangkan air Didalam membuat resolusi berupa undang-undang atau law.

“Tentu yang lain kita harus Merangsang agar undang-undang ini bisa terimplementasi. IPU juga Akansegera meneruskan hal ini bagaimana Hingga Didepan agar komitmen ini dapat diwujudkan Untuk bentuk resolusi, dan resolusi bisa dibangun Untuk bentuk Undang-undang atau law Hingga masing-masing Bangsa, Di intinya terfokus kepada air dan membangun satu omnibus tentang air,” katanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: WWF 2024, Tiap Bangsa Diusulkan Bikin Omnibus Law tentang Air