Profil Pratikno, Pejabat Tingginegara Jokowi yang Berpeluang Diboyong Masuk Tim Menteri Pejabat Tingginegara Prabowo

Mensesneg Pratikno (Ditengah) berpeluang masuk Tim Menteri Pejabat Tingginegara Prabowo-Gibran. FOTO/DOK.SINDOnews

JAKARTA – Pejabat Tingginegara Sekretaris Negeri (Mensesneg) Pratikno berpeluang masuk Untuk Tim Menteri Pejabat Tingginegara yang Berencana dibentuk Ri dan Wakil Ri Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Rencananya Tim Menteri Pejabat Tingginegara Prabowo Berencana diisi Didalam sebagian Pejabat Tingginegara Di era Ri Joko Widodo (Jokowi).

Keinginan Prabowo memboyong Pejabat Tingginegara Jokowi Hingga Untuk kabinetnya disampaikan Di Rapimnas Partai Gerindra Di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024). Ketua Umum Partai Gerindra itu percaya Didalam Pejabat Tingginegara-Pejabat Tingginegara yang berada Di Tim Menteri Pejabat Tingginegara Jokowi Di ini.

“Pak (Jokowi) maaf Pak, Sebab Bapak milih orang-orang hebat, maka sebagian Untuk mereka Tim Menteri Pejabat Tingginegara saya nanti ini,” kata Prabowo Di Rapimnas Partai Gerindra Di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

Prabowo mengaku sangat percaya Didalam Pejabat Tingginegara-Pejabat Tingginegara yang Di ini berada Di Tim Menteri Pejabat Tingginegara Jokowi. Terlebih, dia juga salah satu yang berada Di dalamnya. Dia mengetahui secara rinci bagaimana cara kerja, pola pikir, hingga gagasan para Pejabat Tingginegara Tim Menteri Pejabat Tingginegara Indonesia Maju.

Salah satu Untuk sekian Pejabat Tingginegara Jokowi adalah Pratikno. Dia merupakan orang kepercayaan Ri Jokowi yang telah mendampingi Pada dua periode kepemimpinan. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga dikenal sebagai penghubung komunikasi Jokowi Didalam pihak luar, termasuk tokoh-tokoh politik lainnya.

Profil Pratikno

Dilansir Untuk laman Kementerian Sekretariat Negeri, Prof Dr Pratikno, MSoc Sc, lahir Di 13 Februari 1962, Di Bojonegoro, Jawa Timur. Untuk riwayat pendidikannya, dia adalah penerima gelar sarjana Ilmu Pemerintahan Di Fisipol UGM tahun 1985.

Pendidikannya berlanjut hingga Menyambut gelar magister Untuk Development Administration, Birmingham University, Inggris tahun 1990. Serta Memperoleh gelar Ph.D. Untuk Political Science Flinders University Australia, tahun 1997. Barulah Di tahun 2008 lalu, dirinya dinobatkan Didalam Sebab Itu Profesor Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada.

Didalam latar Di pendidikannya ini, tak heran jika kini dirinya duduk Di Sofa pemerintahan. Awal karier Pratikno sebagai pengajar dimulai Di UGM Di tahun 1986. Dari Di itu, ia telah beberapa kali menduduki posisi penting. Misalnya seperti, Wakil Dekan Bidang Akademik Fisipol UGM periode 2001-2004, hingga Kepala Instruktur Inisiatif Pascasarjana Politik Lokal dan Otonomi Area periode 2003-2008.

Dirinya juga pernah dipercaya menjadi Mitra Indonesia Untuk kerja sama Ditengah UGM Didalam National University of Singapore dan beberapa Universitas lain Di Asia dan Australia tahun 2001 hingga 2008. Setelahnya dilantik menjadi Profesor UGM, dirinya langsung dipercaya Untuk menduduki posisi Dekan Fisipol UGM periode 2008-2012.

Puncak karier Pratikno Di dunia akademisi terjadi Di tahun 2012, ketika dia dipercaya menjadi Rektor UGM periode 2012-2014. Setelahnya Itu Di tahun 2014, dirinya diangkat menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM. Posisi itu Berencana diemban olehnya hingga tahun 2026 mendatang. Untuk berbagai pengalamannya Di dunia akademisi, Pratikno Setelahnya Itu dipercaya Didalam Ri Joko Widodo menjadi Pejabat Tingginegara Sekretaris Negeri (Mensesneg) Di tahun 2014. Hingga Di ini, kedudukannya sebagai Pejabat Tingginegara Sekretaris Negeri Di Tim Menteri Pejabat Tingginegara Joko Widodo masih belum tergantikan meski Ri Indonesia Hingga-7 itu telah melakukan beberapa kali reshuffle Tim Menteri Pejabat Tingginegara.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Profil Pratikno, Pejabat Tingginegara Jokowi yang Berpeluang Diboyong Masuk Tim Menteri Pejabat Tingginegara Prabowo