Waspadai Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Ke Sejumlah Perairan Indonesia

BMKG Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi Ke beberapa Area perairan Indonesia Ke 9-10 September 2024. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi Ke beberapa Area perairan Indonesia Ke 9-10 September 2024.

Gelombang tinggi dipengaruhi pola angin Ke Area Indonesia Pada Utara umumnya bergerak Di Selatan-Barat Di Kelajuan angin berkisar 6-20 knot. Sedangkan Ke Area Indonesia Pada Selatan umumnya bergerak Di Timur-Tenggara Di Kelajuan angin berkisar 8-25 knot.

“Kelajuan angin tertinggi terpantau Ke Samudera Hindia Barat Lampung, Laut Seram Pada barat dan Laut Arafuru Pada timur,” tulis BMKG, Senin (9/9/2024).

BMKG mengungkapkan Kebugaran tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi Ke perairan utara P Sabang, perairan barat Aceh – Nias, Samudera Hindia Barat Aceh – Nias, Selat Sunda Pada barat dan selatan, perairan selatan Jawa – P. Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas – Sape Pada selatan, dan perairan selatan Kupang – Rote.

Lalu, Laut Sawu, Selat Sumba Pada barat, Samudera Hindia Selatan Jawa – NTT, Laut Jawa Pada timur, Selat Makassar Pada selatan, perairan Wakatobi, Laut Flores Pada timur, perairan Bitung – Sitaro, perairan Kep Talaud, Laut Maluku, Samudera Pasifik Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat, Laut Banda, Laut Seram, perairan Kep Sermata – Kep Leti, perairan Kep Babar – Kep Tanimbar, perairan selatan Kep Kai – Kep. Aru, serta Laut Arafuru.

Sedangkan, Ke gelombang yang lebih tinggi Ke kisaran 2,50 – 4,0 meter berpeluang terjadi Ke Samudera Hindia Barat Kep Mentawai – Lampung, perairan barat P Enggano – Lampung, Samudera Hindia Selatan Banten.

BMKG mengatakan potensi gelombang tinggi Ke beberapa Area tersebut dapat berisiko Di keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG selalu mengimbau Komunitas Untuk selalu waspada, terutama Untuk nelayan yang beraktivitas Di moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

“Dimohon kepada Komunitas yang tinggal dan beraktivitas Ke pesisir Di area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.

(jon)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Waspadai Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Ke Sejumlah Perairan Indonesia